barisan sponsor

Sabtu, 24 April 2010

Teori Keluarga

a.       Pengertian Keluarga
            Menurut Fridman (1998) keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang mempunyai hubungan darah yang sama atau btidak, yang terlibat dalam kehidupan yang terus menerus, yang tinggal dalam satu atap, mempunyai ikatan emosional dan mempunyai kewajiban antar satu orang dengan orang lain.
b.      Sifat-Sifat Anaak
1.      Anak Sulung
Menurut beberapa psikologi cenderung mengambil posisi sebagai pemimpin. Hal lainnya adalah ada dorongan untuk mengikuti norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat dan mereka sukses beradaptasi dalam suatu lingkungan yang sudah mapan. Karakteristik umum anak sulung adalah bertanggung jawab dan cenderung mengikuti aturan. Cenderung lebih teliti, mempunyai ambisi, dan agresif dibandingkan adik-adiknya. Anak pertama cenderung mendapatkan dan menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi. Sifat-sifat anak sulung:
1.      Lebih berpendidikan daripada saudara yang lain
2.      Lebih memperhatikan harapan keluarga.
3.      Cenderung menjaga orang tua di hari tua
4.      Memiliki IQ lebih tinggi dari saudara yang lebih kecil.
2.      Anak tengah
Di antara anak sulung dan anak bungsu adalah anak tengah yang terkenal dengan ketrampilan mereka bernegosiasi. Karena posisi yang 'terjepit' maka mereka ingin mendapatkan perhatian dari orangtua atau orang-orang lain di sekitarnya. Anak tengah bisa dibilang pasangan yang amat menyenangkan karena mereka memiliki kecenderungan menyenangkan pasangannya. Anak tengah lebih mudah bergaul dan memiliki rasa setia kawan yang tinggi. Karena kurang diperhatikan di dalam keluarga, mereka cenderung belajar, menjalin hubungan, dan mencari dukungan dari teman-teman seusianya. Oleh karena itu, mereka cenderung memiliki kemampuan dalam bersosialisasi. Anak tengah sering menjadi mediator dan pencinta damai.
Sifat-sifat anak tengah:
1.      Hubungan dengan keluarga lebih renggang daripada anak lain.
2.      Mungkin mencari jalan yang 180 berbeda dari anak sulung.
3.      Cenderung kurang diperhatikan orang tua dibanding anak sulung dan bungsu.
3.      Anak bungsu
Biasa mereka memiliki pembawaan yang menyenangkan seperti pandai bergaul, populer tetapi mudah membuat orang jatuh hati. Mereka juga tergolong amat mudah dipuaskan dan saat terlibat dalam hubungan percintaan mereka biasanya sangat terpaku dengan hubungan tersebut. Perhatian yang kecil saja sudah cukup membuat anak bungsu "bertekuk lutut". Tetapi di balik sifatnya yang menyenangkan, jangan sekali-sekali anda mencoba untuk mendominasi anak bungsu. Karena mereka memiliki kecenderungan kuat untuk menentang atau paling tidak mempertanyakan otoritas. Mereka lebih suka dianggap sederajat dengan pasangannya daripada dipandang sebagai menurut kepada pasangannya. Hal positif lain dari anak bungsu adalah mereka memiliki selera humor yang paling baik dibanding kakak-kakaknya. Anak bungsu cenderung paling kreatif dan biasanya menarik. Karena mereka sering dianggap sebagai anak bawang, si Bungsu cenderung untuk selalu ingin memperoleh perlakuan yang sama.
Sifat-sifat anak bungsu:
1.      Lebih toleran terhadap resiko
2.      Secara fisik lebih kecil daripada anak sulung
3.      Cenderung lebih humoris atau lucu daripada anak sulung atau tengah.
4.      Anak tunggal
Karakteristik anak tunggal hampir sama dengan sifat-sifat anak sulung hanya kadarnya lebih kuat. Mereka dapat diandalkan, setia dan sangat membutuhkan perhatian dari orang yang dicintainya. Perbedaan anak tunggal dengan sulung adalah mereka lebih kurang perfeksionis. Mereka juga berusaha menemukan cara melanggar aturan atau norma. Si anak semata wayang memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan anak pertama dan sering merasa terbebani dengan harapan yang tinggi dari orangtua mereka terhadap diri mereka.
Sifat-sifat anak tunggal:
1.      Mereka lebih percaya diri, supel, dan memiliki imajinasi yang tinggi.
Mereka juga mengharapkan banyak dari orang lain, tidak senang dikritik, kadang tidak fleksibel, serta perfeksionis

0 komentar:

Posting Komentar

kasih komentar anda

jam

Jumlah pengunjung

Laskar X-Pan City

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Dunia telah memberikan arti bagi hidupku. Saya hanyalah anak kampung yang tidak ingin ketinggalan dengan kemajuan teknologi. Bukan saatny orang kampung termarjinalkan. Sekarang adalah saatnya untuk maju. membuka bakat terpendam yang dimiliki oleh orang kampung seperti saya ini.

translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Perjalananku

benerin komputer

tentang skripsi